4 Cara Menemukan Judul Skripsi Yang Gak Pasaran

Judul Skripsi Menarik

Halo sobat RMI, bagi kamu para mahasiswa tingkat akhir, pasti akan menghadapi yang namanya penelitian ilmiah atau kita kenal sebagai penulisan skripsi. Nah cukup banyak pertanyaan ke yang datang ke saya mengenai cara menemukan judul skripsi yang bagus dan menarik, tentunya tidak pasaran dan mudah di setujui oleh dosen.

Nah kali ini saya akan sharing tentang pengalaman pribadi mengenai cara menemukan judul yang mampu menarik perhatian dosen, berkualitas, dan tentunya tidak pasaran.

1. Banyak membaca buku
Bagi kamu yang senang baca buku, jelas dalam hal ini kamu memiliki keunggulan dibanding yang kurang baca. Hal itu karena dari setiap buku yang kamu baca mengenai suatu pengetahuan, maka kamu akan mendapat pengetahuan baru dan hal itu bisa saja melekat dan terpatri sehingga bisa menambah wawasanmu untuk mencari judul yang bagus.

Disamping kamu bisa menemukan judul skripsi yang menarik, kamu juga memiliki sumber referensi tambahan yang banyak loh.

2. Kombinasikan kemampuanmu
Maksud dari mengkombinasikan kemampuan disini adalah mencoba mengimplementasikan kemampuan kamu diluar dari apa yang telah kamu pelajari ketika kuliah 

Saya contohkan seperti ini : saat kuliah dulu, saya ambil jurusan pendidikan agama islam. Tapi karena senang dunia blogging dan bisa juga sedikit mendesign blog, maka saya mengimplementasikannya kedalam judul skripsi yang diberi judul "Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Weblog dalam Materi A".

Nah dalam hal ini saya sedang mengkombinasikan kemampuan lainnya untuk diimplementasikan dalam skripsi. Oh iya, sekedar info bahwa saat kuliah dulu saya mengambil jurusan Ilmu Pendidikan Islam dengan skripsi model studi pustaka kitab dan Pendidikan Ekonomi dengan model skripsi Research and Development.

Jadi, sekarang yang bisa kamu lakukan adalah mengembangkan kemampuanmu dan terapkan dalam skripsimu. Sekalian menguji perkembangan kemampuanmu juga loh. Jangan takut mencoba ya ..


3. Menganalisa Masalah dalam Kehidupan Sehari-Hari
Bagi sebagian mahasiswa yang pertama kali membuat skripsi, pasti merasa bingung dalam mencari judul yang baik, padahal dalam masalah kehidupan kita sehari-hari pun bisa menjadi judul loh, Hal itu justru akan lebih bermanfaaat karena diharapkan skripsimu nanti bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Contohnya kamu bisa mengambil judul mengenai penerapan suatu aturan atau sistem yang ada. Kamu juga bisa meriset dan mengembangkan suatu produk atau jasa dalam mengatasi persoalan dilingkunganmu.

4. Bangun relasi dengan para dosen
Saya sering katakan kepada para mahasiswa bahwa dosen itu memiliki potensi yang sukup besar dalam menghambat maupun mempercepat kelulusanmu. Bagi dosen yang menghambat, jelas itu akan menjadi masalah tersendiri buatmu. Oleh karena itu, buatlah relasi dengan para dosen seperti membantu tugas mereka, aktif bertanya dan lainnya. Relasi yang saya maksud juga bisa berarti sharing knowledge dengan mereka dan bangun komunikasi yang baik

Kalo saya waktu kuliah dulu memang sudah mulai bangun relasi dengan para dosen. Bahkan saya lebih sering ngobrol dan tukar pikiran serta suka bantu penelitian mereka, saya lebih banyak menghabiskan waktu dengan para dosen daripada dengan mahasiswa lainnya hehe.

Meski begitu, dari hal itu sebenarnya kamu bisa dapat feedback yang baik loh. Ketika kamu merasa kesulitan dalam mengerjakan skripsi, mereka siap membantumu. Mereka tak segan untuk mengarahkan maupun membantumu dalam mencari judul skripsi maupun referensi terkait skripsimu loh.

Nah itulah 4 point yang bisa kamu coba untuk menemukan judul skripsi yang menarik serta gak pasaran, dan tentunya greget loh.

0 Comments